Senin, 08 Juni 2009

teori evolusi

BUKU KERJA MAHASISWA
Untuk memenuhi tugas Evolusi 



















0leh :
1. Eka Maryustianawati (063204204)
2. Lailah Wardati (063204215)
3. Lutfah Nuraini (063204216)
4. Dwi Anugraheni A.F (063204221)
5. Ratna Yustika U (063204222)

PENDIDIKAN BIOLOGI 2006 NON INTER









UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN BIOLOGI
2009
BK-1

BK-1/01 : Apa yang dimaksud proses kehidupan ajeg oleh HERACLITUS ?

KESIMPULAN BK-1/01

Ajeg adalah perubahan yang dipakai untuk mencapai puncak tertentu. Yang didasari dengan adanya kemampuan dan keinginan yang sangat untuk menjadi lebih baik.




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :












BK-1/02 : Apa alasan ANAXIMANDER menganggap Manusia berasal dari sejenis mahluk hidup yang menyerupai ikan?

KESIMPULAN BK-1/02

Anaximander menganggap manusia berasal dari sejenis makhluk hidup yang menyerupai ikan, karena makhluk hidup berasal dari air atau bertempat tinggal didalam air. yang kemudian mengalami perkembangan secara beruntun sehingga akan mengalami perubahan fase dimana ikan akan menjadi manusi, dan juga lingkungan yang ada akan mempengaruhi perkmbangan makhluk yang menyerupai ikan.











a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :




BK-1/03 : Apakah yang menjadi dasar munculnya pandangan TEILHARD de CHARDIN?
Dan bagaimana pandangan tentang TEILHARD de CHARDIN oleh para pembahas di atas?

KESIMPULAN BK-1/03

Dasar munculnya pandangan TEILHARD de CHARDIN yaitu adanya keinginan menggabungkan agama dan evolusi dengan mencari titik tengah. TEILHARD de CHARDIN menyatakan bahwa evolusi itu berjenjang dari makhluk sederhana ke makhluk semakin kompleks dan kompleksitas tertinggi dicapai manusia dengan “noosphere”nya, yaitu realme kesadaran dan intelektualitas.
 Pandangan tentang TEILHARD de CHARDIN oleh para pembahas banyak komentar yang kontra tentang TEILHARD de CHARDIN.







a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :



BK-1/04: Apakah perbedaan yang mendasar dari pandangan Finalisme/Telefinalism dan vitalism di atas? Untuk mendapatkan jawaban yang pasti carilah informasi dari internet atau buku acuan yang telah ada. Kemudian bila sudah ditemukan potong klippingnya atau foto copy dan lampirkan sebagai bukti kesimpulan saudara.

KESIMPULAN BK-1/04

Perbedaan yang mendasar dari pandangan Finalisme/Telefinalisme dan Vitalism yaitu pada Finalisme menitikberatkan pada tujuan akhir (bentuk akhir sudah tentu). Hal ini adanya kekuatan Transenden (dari Tuhan). Finalisme tidak akan terjadi dan pasti akan terjadi perubahan. Sedangkan Vitalisme menitikberatkan pada kekuatan alam yang maha hebat (terjadi evolusi). Kekuatan alam itu meliputi sinar, panas, radiasi, cahaya, dan cosmic.
Vital = hidup









a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :


BK-1/05 Menurut pandangan Orthogenesis, apakah benar pendapat bahwa kehidupan yang sekarang yang komplek ini adalah berasal dari yang sudah ada? Adakah yang mempengaruhi timbulnya faham orthogenesis tersebut?

KESIMPULAN BK-1/05

Menurut pandangan Orthogenesis, memang benar bahwa kehidupan yang sekarang yang kompleks ini adalah berasal dari yang sudah ada. Pada mekanisme Orthogenesis, menyatakan bahwa ada hakikat gerakan ke arah yang lebih sempurna secara perlahan-lahan (perkembangannya semakin besar). Faham Orthogenesis timbul berdasar pada essensialsm dan cosmic teleology. Penganut Orthogenesis menolak teori seleksi alam dan teori spesiasi.










a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :


BK-1/06: Apa yang dimaksud dengan perkembangan hanya berlangsung sesuai aturan tertentu yang mengikat?
 
KESIMPULAN BK-1/06

Perkembangan hanya berlangsung sesuai aturan yang mengikat maksudnya adalah seluruh proses perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup selalu mengikuti arah perkembangan tertentu yang telah menjadi aturan ataupun hukum alam. Suatu perkembangan yang terjadi tidak mungkin melenceng dari ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk perkembangan tersebut. Efek nomogenetik disini berarti suatu efek yang mempengaruhi suatu perkembangan yang membuatnya berjalan sesuai aturan alam yang berlaku. Evolusi yang terjadi juga mengikuti efek nomogenesis ini yang berarti mekanisme evolusi tersebut berjalan sesuai dengan ketentuan alam yang berlaku dan tidak mungkin melenceng dari hal tersebut. Hal ini menggambarkan bahwa mekanisme evolusi bersifat teratur dan taat asas. Keteraturan mekanisme ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan kehidupan di bumi sehingga tidak akan pernah mencul suatu produk evolusi yang berasal dari mekanisme evolusi yang tidak sesuai dengan ketentuan alam yang berlaku. Suatu evolusi selalu berjalan ke dua aras. Aras yang satu menuju kepunahan sedang aras yang lain menuju kelanggengan hidup. Sehingga makhluk hidup yang berevolusi nantinya akan bernasip mengalami kepunahan atau sebaliknya menuju kelanggengan hidup.



a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :

BK-1/07: Menurut Harun Yahya pendapatnya diantaranya bahwa perubahan tidak mungkin ke arah yang lebih baik, karena mutasi selalu menjadi lebih jelek. Bagaimana dengan pandangan aristogenesis apakah ada pertentangan? 

KESIMPULAN BK-1/07

Ada pertentangan antara pandangan Harun Yahya dan pandangan Aristogenesis. Aristogenesis berpandangan bahwa perubahan itu menuju ke arah yang lebih baik, sedangkan Harun Yahya berpendapat bahwa perubahan tidak mungkin ke arah yang lebih baik karena bisa saja terjadi mutasi.












a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :



BK-1/08: Apakah pandangan Erasmus Darwin dipengaruhi oleh pandangan orthogenesis atau memang sebagai pengikut pandangan ini?

  KESIMPULAN BK-1/08

Ya, Pandangan Eramus Darwin dipengaruhi oleh pandangan Orthogenesis. Erasmus Darwin menyatakan bahwa kehidupan berawal dari asal mula yang sama dan respon fungsional diwariskan kepada keturunannya. Teori yang dinyatakan Erasmus Darwin ini mengacu pada teori Orthoggenesis yang berpendapat bahwa kehidupan sekarang yang kompleks ini adalah berasal dari yang sudah ada.









a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :






BK-1/09: Dapatkah saudara tunjukkan hukum yang di usulkan oleh Lamark, dan apakah bila organ tersebut mengikuti hukum use and disused dapat menetap? Kalau tidak mengapa? Dan kapan dapat menetap?

KESIMPULAN BK-1/09

J.B. Lamarck berpendapat bahwa semua makkhuk hidup dilengkapi dengan kemampuan mendasar yang menyetir mereka untuk berevolusi (beruabah menjadi lebih kompleks). Dia juga berpendapat bahwa suatu organisme bisa menurunkan sifat-sifat yang diperoleh selama masa kehidupan kepada keturunannya. Sebagai contoh, Lamarck berpendapat bahwa leher panjang jerapah berkembang ketika nenek moyang yang berleher pendek memutuskan untuk meraih daun-daun pepohonan daripada rerumputan. Jika organ tersebut mengikuti hukum “Use and Disuse” akan menetap jika tidak terjadi mutasi.








a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :




BK-1/10 : Apakah yang menjadi dasar tercetusnya teori Malthus?
Dan apa pula dengan teori neo-malthusian? 
Apakah neo-Malthusian diikuti oleh penduduk dunia sekarang?

KESIMPULAN BK-1/10

Tercetusnya teori Malthus didasarkan pada petumbuhan penduduk yang cenderung melampaui pertumbuhan persediaan makanan. Penduduk cenderung bertambah secara “ deret ukur ” sedangkan persediaan makanan cenderung bertambah secara “ deret hitung “, dengan kata lain pertumbuhan penduduk dan persediaan makanan tidak dapat tumbuh secara seimbang. Penduduk cenderung tumbuh secara tak terbatas hingga mencapai batas persediaan makanan dan di bidang ekonomi pertambahan penduduk yang tak terbatas menyebabkan kemiskinan hingga berada pada tubir kelaparan.
Teori neo-malthusian adalah suatu teori dimana cara penekanan jumlah penduduk atau pembatasan kenaikan jumlah penduduk dengan cara menggunakan alat-alat kontrasepsi.
Neo-multhisian hingga sekarang masih digunakan oleh penduduk dunia. Contohnya dari Gerakan Keluarga Berencana. Hingga kini kelanjutan langsung dari gerakan tersebut masih ada, gerakan yang bermula dari pada saat masa hidupnya malthus. Meskipun tidak dipungkiri pada masa sekarang tidak semua orang berfikir untuk mencanangkan gerakan keluarga berencana.

a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :
BK-1/11 : Apakah yang terlewati dari dasar pemikiran teori Malthus sehingga beberapa kalangan meragukan teori Malthus?

KESIMPULAN BK-1/11

Dasar pemikiran teori Malthus yang terlewatkan yaitu Malthus tidak menjelaskan bagaimana cara meningkatkan persediaan makanan yang terbatas untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk secara tak terbatas. Sehingga menurut Emil Salim untuk menjawab “Malthus” pada abd ke-19 dan ke-20, yaitu dengan mengubah pola kehidupan agraris menjadi industrialis. Namun, harga yang harus dibayar adalah bumi dan alam sekitar yang rusak, serta lapisan ozon di atmosfer berlubang akibat emisi gas CFC (klorofluorokarbon).




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :








BK-1/12: Adakah pandangan St Thomas Aquinas dan Leibnitz sebagai dasar penentuan taxonomi?

KESIMPULAN-1/12:

Ada, pandangan St. Thomas Aquinas dan Leibnitz dapat dijadikan sebagai dasar penentuan taksonomi. Hal ini dapat ditinjau dari teori St. Thomas Aquinas tentang teori scala nature yang menyatakan bahwa pada tangga kehidupan yang berada di dasar adalah organisme sederhana, misalnya Protozoa (uniseluler) kemudian berkembang seiring dengan perkembangan zaman akan menjadi organisme kompleks (multiseluler) yang membentuk satu spesies tertentu. Antara spesies 1 dan yang lain ada kesinambungan sesuai dengan Hukum Kesinambungan yang dikemukakan oleh Leibnitz (abad 17).




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O



PENGESAHAN
TANGGAL :



BK-1/13: Mengapa Harun Yahya menganggap bahwa faham Evolusi bertentangan dengan terjadinya kehidupan di alam ini?

KESIMPULAN-1/13:

Karena faham evolusi menyatakan bahwa makhluk hidup muncul secara bertahap yang menghasilkan spesies baru yang lebih sempurna, sehingga faham tersebut dianggap Harun Yahya bertentangan dengan terjadinya kehidupan di alam ini karena menurut Harun Yahya makhluk hidup muncul secara tiba-tiba dan dalam keadaan sempurna, dengan kata lain bahwa mereka diciptakan (Tuhan). Makhluk hidup hanya dapat muncul melalui sebuah campur tangan yang memiliki kesadaran. Dengan kata lain, melalui penciptaan oleh kekuatan hebat di luar alam (Tuhan).





a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O



PENGESAHAN
TANGGAL :






BK-1/14 :Diskusikan pendapat-pendapat tentang faham-faham teori asal kehidupan di atas. Kalau perlu bagilah manjadi beberapa pandangan. Kesimpulan yang didapatkan perlu mendapat dukungan dari literatur yang ada untuk memperkuat hasil kesimpulan saudara. Literatur yang saudara kutip sebaiknya di lampirkan berupa foto copynya

KESIMPULAN BK 1/14
Pandangan tentang asal mula kehidupan berupa teori-teori antara lain Teori Klasik Khas, Teori Evolusi Biologi, Teori Evolusi Kimia, Teori Kosmozoan.
Teori Klasik Khas : kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (Ghaib)
 pada saat yang istimewa. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Harun Yahya.
Teori Evolusi Biologi : kehidupan berasal dari proses perubahan secara
  perlahan yang membutuhkan waktu yang lama. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Anaximander, Empodocles, Teilhard de Cahrdin, Paham Aristogenesis, Erasmus Darwin, dan Lamarck.
Teori Evolusi Kimia : kehidupan di dunia ini muncul berdasarkan hukum
Fisika Kimia. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Alexander Oparin.
Teori Kosmozoan : kehidupan yang ada di planet ini berasal dari mana
saja.
a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :

BK-1/15 : Adakah pandangan yang sangat tidak masuk akal menurut saudara dari beberapa kutipan di atas? 

KESIMPULAN BK-1/15

Tidak ada, karena pandangan dari berbagai kutipan di atas muncul sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh pencetus teori asal mula kehidupan tersebut dan didasari alasan yang dapat diterima oleh akal sehat atau secara logis.






a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :









BK-1/16: Adakah pandangan yang masuk akal secara ilmiah, dan saat ini masih nampak berlangsung/terjadi?

KESIMPULAN BK-1/16:

Ada, yaitu pandangan dari St. Thomas Aquinas yang menyatakan pada tangga kehidupan yang berada di dasar adalah organisme sederhana. Hal tersebut hingga sekarang masih digunakan sebagai dasar penentuan taksonomi. Secara ilmiah, taksonomi berarti mengelompokkan suatu organisme berdasarkan ciri-ciri fisik yang nampak. Pada zaman sekarang ini, contohnya telah ditemukan lima kerajaan/kingdom yang membagi seluruh makhluk hidup maupun makhluk yang dianggap peralihan dari makhluk hidup ke makhluk tak hidup. Pengelompokan-pengelompokan tersebut didasarkan sebagian pada tingkat kesederhanaan dari struktur dan anatomi suatu makhluk hidup. Dalam satu kingdom saja seperti Animalia, makhluk yang lebih sederhana seperti Protozoa dikelompokkan dalam takson yang lebih rendah daripada makhluk yang lebih kompleks dari segi struktur dan anatomi seperti Vertebrata.




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :



BK-1/17: Adakah pandangan yang dapat dibuktikan secara impiris?

KESIMPULAN-1/17:

Menurut kelompok kami ada beberapa pandangan yang telah dikemukakan oleh beberapa tokoh di atas yang dapat dibuktikan secara empiris. Pendapat-pendapat yang dapat dibuktikan secara empiris tersebut antara lain adalah pendapat dari Erasmus Darwin bahwa kehidupan berasal dari asal mula yang sama, pendapat dari Lamarck tentang hukum “Use and Disuse”, yaitu tentang organ yang digunakan akan berkembang sedangkan yang tidak digunakan akan cenderung menyusut, pendapat dari Robert Malthus tentang perjuangan hidup di mana pertambahan makanan sejalan dengan deret hitung sedangkan pertambahan populasi sejalan dengan deret ukur, dan pendapat dari Harun Yahya bahwa tidak ada kejadian di alam ini secara kebetulan semuanya dari yang Maha Khaliq. Pendapat-pendapat tersebut di dasari atas fakta dan bukti-bukti yang mereka dapatkan dari hasil penelitian sehingga pendapat mereka dapat dikatakan sebgai pendapat atau pandangan yang empiris sebagai contoh adalah pendapat dari Lamarck.

a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :


BK-2/01: Secara teori bagaimanakah terjadinya bola raksasa yang terdiri dari gas dapat berkumpul?

BK 02

KESIMPULAN-2/01:

Bola rakasasa yang terdiri dari gas dapat berkumpul, menurut teori :
Teori Dentuman Besar / Big Bang
“ Seluruh materi dan energi dalam alam semesta pernah bersatu membentuk sebuah bola raksasa. Kemudian bola raksasa ini meledak sehingga seluruh materi mengembang karena pengaruh energi ledakan yang sangat besar.”
Tahapan terjadinya Dentuman Besar :
1) Segera setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang dengan cepat hingga kira-kira 2000 kali matahari.
2) Sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam keseimbangan. Satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk partikel-partikel dasar, yaitu elektron, proton, neutron, dan neutrino pada suhu 10 miliar kelvin.
3) Kira-kira 500 ribu tahun setelah terjadi ledakan, lambat laun alam semesta menjadi dingin hingga mencapai suhu 3000K. Partikel-partikel dasar membentuk benih kehidupan alam semesta.
4) Gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang tak teratur. Dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk protogalaksi.
5) Antar satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar, protogalaksi-protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi.




6) Satu di antara miliaran galaksi ytang terbentuk adalah galaksi Bimasakti. Di dalam galaksi ini terdapat tata surya kita, dengan matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi.






a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :































BK-2/02: Teori terjadinya alam semesta ada beberapa, apakah teori-teori itu saling meniadakan/bertentangan atau saling mendukung ataukah berdiri sendiri?

KESIMPULAN-2/02:

 
Teori-teori yang menjelaskan terjadinya alam semesta saling bertentangan antara teori satu dengan teori lainnya. Hal ini dapat dilihat dari eksperimen-eksperimen telah dilakukan tentang teori alam semesta. Big-bang merupakan petunjuk nyata alam semesta telah : “ diciptakan dari ketiadaan.” 
Para astronot yang mengalami paham materialis senantiasa menolak Big Bang dan mempertahankan gagasan alam semesta tak hingga. Alasan penolakan ini terungkap dalam perkataan Arthur Eddington, salah seorang fisikawan materialis terkenal.













a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL 








BK-2/03 :Diskusikan pendapat-pendapat dan gambar-gambar di atas tentang teori terjadinya alam semesta. Kalau perlu bagilah manjadi beberapa pandangan. Kesimpulan yang didapatkan perlu mendapat dukungan dari literatur yang ada untuk memperkuat hasil kesimpulan saudara. Literatur yang saudara kutip sebaiknya di lampirkan berupa foto copynya. 

KESIMPULAN BK-2/03

Salah satu teori tentang terjadinya alam semesta pada dasarnya didasarkan atas teori big bang yang merupakan awal dari terbentuknya kehidupan dengan mengalami proses dentuman besar entitas zat dan energi. Sehingga memicu terjadinya ekspansi yang akan menghasilkan energi dengan akibat mempercepat dan memperlambat. Akan tetapi dentuman ini tentunya menurut kami tidak terjadi secara tiba-tiba melainkan dengan proses yang continue, sehingga dapat kita asumsikan bahwa semesta sudah tercipta terlebih dahulu dan apabila terjadi dentuman komponen yang sudah tercipta di dalamnya akan mengalami transisi dari zat tunggal menjadi senhyawa yang lebih kompleks.  
 










a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :

BK-2/04: Menurut saudara apakah teori big bang yang ada dapat dinalar secara ilmiah? Diskusikan jawab saudara.
KESIMPULAN BK -2/04

Dapat, 
Big Bang (ledakan dahsyat atau dentuman besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan alam yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini terbentuk dari ledakan maha dahsyat yang terjadi sekitar 13.700 juta tahun lalu. Ledakan ini melontarkan materi dalam jumlah sangat besar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi ini kemudian mengisi alam semesta dalam bentuk bintang, planet, debu, kosmis, asteroid/ meteor, energy dan partikel.
Agar mudah dipahami, alam semesta dapat diumpamakan sebagai permukaan balon yang sedang mengembang sebagaimana titik-titik dipermukaan balon yang bergerak menjauhi satu sama lain ketika balon membesar. Benda-benda di ruang angkasa juga bergerak menjauhi satu sama lain ketika alam semesta terus mengembang.
Ketika mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa, bintang-bintang memancarkan cahaya merah dengan jaraknya. Hal ini berarti bahwa bintang-bintang bergerak menjauhi kita, sebab menurut hokum fisika yang diketahui, spectrum dari sumber cahaya yang sedang bergerak mendekati pengamat cenderung ke warna ungu, sedangkan yang menjauhi pengamat cenderung ke warna merah. Sehingga dapat disimpulkan suatu alam semesta dimana segala sesuatu bergerak menjauhi satu sama lain adalah terus menerus mengembang.
a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :


BK-2/05: Apa alasan yang menolak atau meragukan akan teori big bang?

KESIMPULAN BK -2/05


Bukti penting bagi Big Bang adalah jumlah hydrogen dan helium di ruang angkasa. Dalam berbagai penelitian, diketahui bahwa konsentrasi hydrogen-helium di alam semesta bersesuaian dengan perhitungan toritis konsentris. Hydrogen-helium sisa peninggalan peristiwa Big Bang. Jika alam semesta sekitar memiliki permulaan dan jika ia telah ada sejak dulu kala, maka unsure H2 itu seharusnya telah habis sama sekali dan berubah menjadi Helium.











a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :











BK-3

BK-3/01: Coba gambarkan dengan diagram awal terjadinya asam amino di bumi ini. Apa saja yang mempengaruhi terjadinya asam amino tersebut! Apakah hal ini sebagi cikal bakal prebiotik?

KESIMPULAN BK -3/01

Diagram Awal Mula Terjadinya Asam Amino
Amonia, metana, H2 dan H2O
tidak beraksi karena kondisi alami

diberikan stimulasi energi yang berasal 
  dari sumber energi buatan

campuran gas

  dididihkan pada suhu 100 0C
  selama 1 minggudan ditambahkan 
  aliran arus listrik

tebentuk senyawa kimia di dasar gelas percobaan

  mengamati senyawa kimia yang 
  terletak di dasar gelas percobaan

ditemukan 3 dari 20 asam amino








bahan dasar protein telah disintesis












a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :








BK-3/02: Dalam Penelitian di The University of Waterloo and University of Colorado bagaimanakah hasilnya dan coba saudara simpulkan!

KESIMPULAN BK -3/02

Dalam penelitian The University Of Waterloow and University Of Colorado, diindikasikan bahwa pada atmosfer bumi terdiri dari 40% H2. Kurang lebih konsentrasi biokimia akan dihasilkan di bumi yang bermula mendasar. Sumber energi dan dengan perbedaan campuaran gas menghasilkan asm amino, dan asam hidroksida akan diproduksi, misalnya beberapa komponen organik (adenin, gula sederhana) akan dihasilkan di awal mula pembentukan bumi, dimana senyawa ini merupakan penyusun utama pada kehidupan di bumi. Ketika oksigen ditambahkan dalam campuran tersebut tidak ada pembentukan molekul organik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di University of Colorado ini ternyata mendukung eksperimen Miller.
 







a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O

PENGESAHAN
TANGGAL :





BK-3/03: Mengapa teori biogenesis sangat sulit diterima oleh para pendukung abiogenesis?

KESIMPULAN BK -3/03

Teori Biogenesis sangat sulit diterima oleh para pendukung Abiogenesis karena pada pertengahan abad ke-17 Antonie van Leeuwehock menemukan mikroskop sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda aneh yang amat kecil yang terdapat pada setetes air rendaman jerami. Penemuan ini memperkuat teori Generatio Spontanea yaitu makhluk hidup berasal dari benda mati. Pada percobaan Francisco Redi yang melakukan percobaan sekerat daging yang dimasukkan dalam stoples sehingga muncul larva atau belatumng lalat. Pada percobaan Lazzaro Splanzani, Ia menyimpulkan bahwa ”Mikrobia yang ada di dalam kaldu tersebut bukan berasal dari kehidupan udara”. Sedangkan pada percobaan Louis Pasteur menggunakan bahan air kaldu dengan alat labu. Tetapi berdasarkan hasil penelitian para tokoh ini, akhirnya paham Abiogenesis atau Generatio Spontanea menjadi pudar karena paham tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :

BK-3/04: Apa penyebabnya masyarakat tidak setuju dengan faham abiogenesis pada saat itu?

KESIMPULAN BK -3/04
 
Pada saat itu masyarakat tidak setuju dengan faham abiogenesis karena percobaan yang dilakukan oleh para ilmuwan yang menganut faham Abiogenesis tidak dapat dipertanggungjawabkan. Para tokoh abiogenesis tidak memperhitungkan terlebih dahulu kondisi lingkungan sekitar. Contohnya ketika Aritoteles mengemukakan bahwa ada sebagaian ikan yang berasal dari lumpur, dia tidak mengontrol kondisi lingkungan di sekitar lumpur, apakah terdapat telur ikan yang berada di sana tau tidak. Dia hanya mengamati bahwa ada ikan yang keluar dari lumpur dan secepat itu dia menyimpulkan bahwa ikan berasal dari lumpur.
Selain itu para tokoh ilmuwan yang yang lain melakukan percobaan yang akhirnya mampu menumbangkan faham abiogenesis dan melahirkan faham baru yaitu faham boigenesis.


a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :






BK-3/05: Dan apa pula yang menyebabkan teori abiogenesis lama diikuti oleh para ilmuwan atau masyarakat awam? 


KESIMPULAN BK -3/05

Teori Abiogenesis bertahan sangat lama diikuti oleh para ilmuwan atau masyarakat awam karena faham Abiogenesis ini didukung oleh agama yang mereka anut. Dalam kitab-kitab suci mengatakan bahwa manusia pertama berasal dari tanah liat yang berbunyi nyaring, berasal dari sari pati tumbuhan. Sehingga apa yang mereka yakini sangat kuat hingga berabad-abad lamanya. Bahkan sampai sekarang masih saja mempercayai makhluk hidup asal mulanya dari benda mati atau zat tak hidup. Misalnya bahan-bahan dari air, tanah, udara, sedangkan api/ energi. Sebagai proses terjadinya kehidupan. 




a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :






BK-3/06: Buatlah alur(flow chart) pemikiran Urey tentang awal kehidupan

KESIMPULAN BK -3/06
 
molekul-molekul metana, amonia, uap air, dan karbondioksida banyak terdapat di atmosfer bumi

  adanya pengaruh energi radiasi sinar 
  kiosmis dan aliran listrik halilintar

terjadi reaksi diantara zat-zat tersebut




zat-zat hidup yang paling sederhana yang susunan kimian menyerupai virus saat ini

  mengalami perkembangan selam 
  berjuta-juta tahun

berbagai jenis makhluk hidip (makhluk hidup yang lebih kompleks)

a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :



BK-3/07: Buatlah alur(flow chart) pemikiran Oparin tentang awal kehidupan

KESIMPULAN BK -3/07

Atmosfer bumi kaya senyawa antara lain uap air, CO2, CH4, NH3, dan hidrogen


Senyawa-senyawa sederhana itu membentuk senyawa organik atau senyawa hidrokarbon yang lebih kompleks. Senyawa kompleks itu termasuk bahan pembentuk sel


Senyawa kompleks yang tertimbun membentuk sop-purba atau sop-primordial


Senyawa kompleks yang merupakan perkembangan dari sop-purba itu sudah memiliki sifat-sifat hidup misalnya nutrisi, ekskresi, dan mengadakan metabolisme serta mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri atau reproduksi.


a. hasil diskusi kelompok O
b. hasil diskusi kelas O
c. hasil telaah mandiri O


PENGESAHAN
TANGGAL :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar